Tips Mudah Mengusir Tikus di Rumah Anda

Wednesday, April 10th, 2013 - Umum

Mengusir TikusTikus merupakan salah satu hewan sering anggap sebagai hama yang sering kali mengganggu aktivitas manusia seperti mencuri makanan dan bahkan bau yang ditimbulkannya yang tidak sedap. Keberadaan tikus yang masuk ke dalam rumah juga membuat setiap orang jengkel karena aktivitasnya yang benar-benar menganggu.

Menurut dunia perhewanan, Tikus merupakan hewan jenis mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Ada beberapa jenis tikus yang kini berkembang biak di seluruh penjuru dunia diantaranya adalah: Mencit (Mus sp), Tikus Rumah (Rattus rattus), Tikus Got (Rattus Norvegicus), Tikus Sawah (Rattus Argentiventer), Wirok (Bandicota).

Dari berbagai jenis tikus diatas yang paling sering kita temui adalah tikus rumah (Rattus rattus), dimana keberadaanya yang selalu mengganggu kehidupan manusia serta membuat jengkel sangat dihindari bagi setiap orang. Berbagai orang mencari cara untuk mengusir tikus di dalam rumahnya, namun apa yang telah dilakukan tersebut terkadang sia-sia karena tidak cukup sekali saja tikus tersebut tetap kembali kedalam rumah.

Berikut ini adalah tips mengusir tikus didalam rumah agar tidak kembali lagi:

1. Menaruh Makanan di Tempat yang Tepat

Tikus merupakan hewan yang memiliki kelebihan yaitu indra penciuman yang sangat tajam. Oleh karena itu ketika anda menaruh makanan dengan ditempat terbuka tikus sangat peka terhadap bau makanan tersebut meskipun jaraknya jauh. Tempatkan makanan serta bahan makanan anda ditempat yang aman dan tertutup dan pastikan tidak mengundang tikus atau hewan lain datang.

2. Menaruh Buah Mengkudu

Buah mengkudu adalah buah yang sangat dibenci oleh tikus, oleh karena itu taruhlah buah mengkudu ditempat-tempat yang sering menjadi lokasi lalu lalang tikus atau pintu masuk tikus kedalam rumah anda. Cara tersebut cukup ampuh karena selain tidak disukai tikus, buah ini juga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Memasang Jebakan Tikus

Kali ini anda harus lebih kejam, yaitu dengan cara memasang jebakan tikus atau jepitan tikus. Cara itu mampu memberikan trauma terhadap teman-teman tikus yang terkena jebakan. Untuk pemasangan jebakan pilihlahn lokasi yang tepat serta umpan yang disukai oleh tiku seperti ikan bandeng.

4. Memasang Lem Tikus

Cara ini seperti pada cara ketiga, dimana anda harus menentukan lokasi yang tepat serta umpan yang disukai oleh tikus. Namun untuk pemilihan lem tikus anda tidak boleh sembarangan karena ketika anda hanya menggunakan lem biasa yang tidak diperuntukan oleh tikus, maka tikus tidak akan terkena oleh jebakan lem tikus.

5. Pelihara Jangkrik

Salah satu kelemahan tikus adalah pada indra pendengarannya, sejak dahulu ketika nenek moyang kita mengusir tikus mereka hanya menggunakan cara memelihara Jangkrik. Jangkrik yang merupakan makanan burung ternya mampu memberika efek jera serta menakuti-nakuti tikus untuk mendekat dengan suara yang ditimbulkannya.

6. Pelihara Kucing

Seperti pada tips nomor lima, salah satu hewan yang menjadi musuh abadi tikus adalah Kucing. Anda pasti tau dengan film kartun Tom & Jerry, yaitu yang menceritakan konflik antara Tikus dan Kucing, cerita dalam film itu benar-benar nyata, dimana kucing memiliki insting untuk selalu membunuh tikus walaupun tidak mengganggu keberadaannya.

Demikianlah tips mengusir tikus dengan mudah di rumah anda, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tips Mudah Mengusir Tikus di Rumah Anda | Admin | 4.5