Panduan Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Tuesday, April 16th, 2013 - Umum

Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja atau interview merupakan salah satu bagian dari proses rekrutmen karyawan baru oleh perusahaan. Kebanyakan orang mengalami kegagalan melalui tahap tes wawancara, meskipun mereka telah lolos dalam tahap tes tertulis. Ada banyak sebab seseorang mengalami kegagalam dalam menghadapi proses rekrutmen tahap wawancara atau interview, salah satunya adalah kurang percaya diri atau tidak memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Bahkan bagi beberapa orang ketika mereka dinyatakan lolo ke tahap tes selanjutnya yaitu proses wawancara kerja, mereka banyak yang menganggap bahwa itu adalah hari dimana mereka akan di eksekusi. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa mereka telah memiliki rasa pesimis terhadap apapun yang akan mereka lakukan. Oleh karena itu banyak dari mereka yang menyerah sebelum menghadapi tahap tes wawancara atau interview.

Ada banyak cara untuk sukses dalam menghadapi wawancara kerja, salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan dengan beberapa orang psikologi yang benar-benar memiliki kemampuan untuk mengajarkan sikap-sikap yang tepat saat proses tes wawancara kerja. Namun tentunya hal itu akan menyita waktu anda yang tidak sebentar, karena proses pelatihan juga harus dibutuhkan konsistensi dan pengorbanan waktu yang akan berimbas pada kurang fokusnya anda dalam mencari pekerjaan.

Terdapat 4 kunci sukses dalam menyiasati proses wawancara kerja. Berikut adalah panduannya:

1. Keterbukaan

Perusahaan-perusahaan besar dengan skala nasional biasanya mengutus seorang HRD atau seorang prikolog untuk melakukan proses rekrutmen. Oleh karena itu orang-orang seperti biasanya lebih cenderung menyukai anda yang memiliki sifat terbuka dan apa adanya, dalam hal ini tidak dibuat-buat. Ketika menjawab beberapa pertanyaan usahakan tidak menjawab dengan jawaban singkat seperti “ya” atau “tidak”. Usahakan anda lebih responsif dan jangan memberi kesempatan pewawancara menggali informasi anda lebih jauh.

2. Antusiasme

Pewawancara juga akan melihat seberapa besar antusiasme anda dalam pekerjaan yang ditawarkan. Dengan sikap serta gaya bicara anda mereka telah mampu menilai tingkat antusiasme anda. Oleh karena itu Bersikaplah lebih antusias saat menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan. Para pewawancara lebih mempertimbangkan mereka yang memiliki antusiasme tinggi ketimbang mereka yang hanya memiliki kualifikasi bagus namun hanya sebatas tertulis saja.

3. Percaya diri

Dalam melakukan apapun percaya diri adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan, apalagi dalam hal wawancara atau interview kerja. Dalam hal ini percaya diri bukan berarti anda sok, sombong, dan tinggi hari. Para pewawancara lebih suka dengan orang-orang yang memperlihatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang mereka miliki.

4. Energik dan Ramah

Sikap dalam menghadapi tes wawancara kerja juga perlu anda perhatikan. Duduklah dengan tegak, waspada dan bicara dengan jelas. Selain itu anda juga harus tetap ramah seperti memberikan senyum dan menatap mata pewawancara. Dengan seperti itu maka pewawancara akan menilai anda adalah seorang yang optimis, tenang dan sosok yang mampu mengatasi masalah.

Demikianlan panduan sukses menghadapi wawancara kerja, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Panduan Sukses Menghadapi Wawancara Kerja | Admin | 4.5