Panduan mendaftar NPWP Online maupun Offline

Tuesday, April 2nd, 2013 - Pendidikan, Umum

Membuat NPWP

Sebagai seorang penguasaha/orang yang menjalankan bisnis tentunya kita sering mendengar yang namanya NPWP, namuan ada beberapa diantara kita juga tidak mengetahui apa sih maksudnya NPWP dan apa fungsinya?

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan.

NPWP sendiri bertujuan untuk sarana administrasi perpajakan, identitas wajib pajak, serta menjadi persyaratan pelayanan umum, misalnya passport, kredit bank dan sebagainya. Namun memang beberapa orang tidak memahami dan mematuhi wajib pajak tersebut, sehingga tidak banyak orang yang memiliki NPWP.

Namun perlu diketahui bahwa wajib pajak tidak hanya berlaku bagi seorang pengusaha saja. Hal itu juga berlaku untuk peseorangan/pribadi, PT, CV, BUMD, Firma, Kongsi, Koperaso, Persekutuan, Perkumpulan, Yayasan, Organisasi Massa dan Organisasi Politik.

Proses pendaftaran NPWP ada dua cara yaitu dengan cara offline atau mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau KP2KP dan melalui media online yaitu mengunjungi situs direktora pajak RI www.pajak.go.id

Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan perseorangan/pribadi untuk mendapatkan NPWP? berikut adalah yang perlu anda siapkan:

  1. Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dokumen yang diperlukan hanya berupa KTP yang masih berlaku.
  2. Bagi Wajib Pajak Badan, dokumen yang diperlukan antara lain : Akte Pendirian dan Perubahannya;KTP yang masih berlaku sebagai penanggung jawab;
  3. Kepada Wajib Pajak diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan Kartu NPWP diberikan paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah diterimanya permohonan secara lengkap.

Dan perlu diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahwa pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sama sekali tidak dipungut biaya apapun. Lalu apa manfaatnya jika anda telah memiliki NPWP?

Pertanyaan tersebut banyak terlontar dari banyak orang, sebab minimnya sosialisasi. Tidak usah khawatir, jika anda telah memiliki NPWP anda dapat koq manfaatnya yaitu:

  1. Sebagai salah satu persyaratan utama dalam proses pengurusan SUrat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  2. Sebagai salah satu persyaratan saat membuat rekening koran di bank.
  3. Sebagai persyaratan dalam mengikuti tender pemerintahan.

Langsung saja, berikut adalah cara pendaftaran NPWP:

Pendaftaran melalui Offline atau mendatangi KPP atau KP2KP:

Siapkan KTP/SIM serta surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan. Kemudian datanglah ke kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat, setelah itu serahkan dokumen tersebut ke petugas. Anda akan diberikan formulir yang wajib anda isi, beberapa diantaranya adalah data pribadi serta laporan penghasilan setiap tahun. Disitu yang nantinya bakal menjadi tolah ukuran besaran pajak anda.

Pendaftaran melalui Online (www.pajak.go.id)

Cara kedua adalah melalui media elektronik yaitu dengan mengunjungi halaman http://www.pajak.go.id/content/pendaftaran-npwp-online-eregistration.

Disitu anda akan diminta untuk mengisi data-data yang kemudian akan diproses dan ditindaklanjuti melalui email anda. Cara ini lebih mudah dibandingkan anda harus mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Demikianlah cara mudah untuk mendapatkan NPWP baik offline maupun online, semoga bermanfaat!

Panduan mendaftar NPWP Online maupun Offline | Admin | 4.5