Panduan Mudah dan Cepat Instalasi Windows 8 Pro

Saturday, March 30th, 2013 - Teknologi

Panduan Instal Windows 8

Windows 8 adalah sistem operasi besutan Microsoft terbaru yang menggantikan seri sebelumnya yaitu Windows 7. Pada sistem operasi baru Windows 8 ini, terdapat perubahan besar-besar yang dilakukan oleh Microsoft baik itu dari fitur maupuan interace. Seperti kita ketahui Windows 8 memiliki tampilan yang berbeda yaitu bernama Metro Style dimana tampilan/interface mendukung untuk perangkat layar sentuh seperti notebook, desktop maupun tablet.

Untuk mendapatkan Windows 8 anda dapat membelinya secara online maupun offline dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk lebih lengkapnya silahkan mengunjungi Windows Shop. Meskipun memiliki tampilan interface yang berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, anda tetap mudah untuk dapat melakukan instalasi yang mungkin hampir sama dengan proses instalasi sistem operasi sebelumnya.

Berikut ini merupakan panduan mudah dan cepat instalasi Windows 8 Pro:

Tahap Persiapan

Untuk melakukan instalasi Windows 8 ada 2 cara yaitu melalui DVD Drive dengan membuat bootable disk dan menggunakan flashdisk dengan bantuan aplikasi Windows 7 USB DVD Tool, anda bisa mendownloadnya disini.

Tahap 2

Setelah anda berhasil membuat DVD bootable disk atau bootable removable disk, kini saatnya anda mengatur first boot pada menu bios komputer/laptop anda. Setelah berhasil boot dari flashdisk maupun dvd yang telah ada master Windows 8 maka akan saatnya menekan keyboard apa saja untuk melanjutkannya.

Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini untuk mengatur bahasa, format tanggal dan mata uang lalu klik next.

Tahap 1 dan 2

Tahap 3

Setelah itu anda diminta untuk menekan tombol Install Now seperti pada gambar dibawah ini. Hal itu untuk bukti bawah anda telah menyetujui lisesni perangkat lunak Microsoft tersebut. Alangkah baiknya anda membaca lebih dulu licence terms-nya, jika tidak centang saja lalu segera lanjutkan proses berikutnya.

Tahap 3

Tahap 4

Ditahap berikut ini anda diminta untuk mengatur partisi hardisk komputer anda, sangat disarankan untuk memili Drive Options (Advance). Disitu anda bisa menetukan partisis system pada komputer anda. Buatlah partisi system Windows 8 anda minimal sebesar 15GB agar fitur Windows 8 dapat bekerja dengan baik.

Setelah berhasil membuat partsisi System silahkan lanjutkan untuk membuat partisi penyimpanan seperti pada gambar dibawah ini.

Tahap 4 Tahap 5 Tahap 6 Tahap 7 dan 8

Kemudian untuk melanjutkan proses instalasi silahkan arahkan kursor ke partisis system yang anda buat tadi, lalu pilih Next.

Tahap 5

Setelah tahap 4 anda lakukan maka komputer/laptop anda secara otomatis akan restart. Setelah restart dan booting maka akan muncul tampilan pengaturan Personalisasi dimana terdapat 4 pengaturan yang harus anda lakukan:

1. Personalize

Tahap 10

Disini anda dapat mengatur warna latar belakang yang sesuai dengan selera anda.

2. Wireless

Tahap 11

Dalam tahap pengaturan ini, ada pilihan untuk pengaturan wireless jika tempat proses instalasi anda terdapat jaringan WiFi. Maka jika ada silahkan hubungkan dan nantinya Windows 8 meminta untuk sinkronisasi dengan akun Microsoft.

3. Setting

Terdapat dua pilihan yaitu Express Setting dan Customize, diaman anda bisa memilih yang mana aja toh nantinya anda juga dapat mengatur kembali ketika proses instalasi sudah selesai.

4. Sign In

Tahap 12

Ditahap ini adalah tahap terakhir dalam rangkaian instalasi Windows 8. Anda dapat mengatur akun offline (lokal) ataupun akun online (akun Microsoft) sebagai username dan password. Setelah selesai pilih Finish.

Tahap 6

Ditahap ini sebenarnya anda telah berhasil melaukan proses instalasi, namun Microsoft mencoba memberikan pelatihan singkat dalam menggunakan tampilan baru WIndows 8 dengan menggunakan Mouse anda.

Tahap Pelatihan

Demikianlah panduan mudan dan cepat instalasi Windows 8 Pro pada komputer/laptop anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Panduan Mudah dan Cepat Instalasi Windows 8 Pro | Admin | 4.5