Panduan Membuat Hotspot dengan Virtual WiFi Router

Sunday, March 17th, 2013 - Teknologi

Trik Membuat Hotspot Gratis

Kebutuhan internet saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang yang bekerja di bidang tersebut. Lantas apa jadinya jika anda tidak memiliki koneksi internet?

Cukup sederhana, jika anda memiliki teman atau tetangga yang memiliki koneksi internet lebih dan anda pandai untuk merayu, maka lakukan panduan dibawah ini. Karena dengan membuat hotpspot sendiri anda dapat menikmati internet gratis yang dapat digunakan bersama-sama.

Lalu bagaimana cara membuat hotspot sendiri, tanpa harus pandai bidang jaringan/networking? Cukup mudah caranya, anda dapat mencari trik tersebut di Google atau mesin pencari lainya. Kalo anda malas mencarinya disini kami berikan sebuah panduan sederhana yang akan membantu anda dalam mebuat hotspot gratis yang bermodalkan komputer/laptop yang memiliki fitur Wireless.

Cara sederhananya adalah menggunakan teknik AdHOC atau Peer to Peer. Dimana konsep tersebut digunakan untuk sharing/berbagi dengan komputer/laptop teman anda. Namun cara ini anda harus sedikit mengerti teknik jaringan dimana, pengaturan ip address serta pembuatan access point.

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi gratis yang bertebaran di Google. Anda dapat mendownload dan install lalu sedikit konfigurasi maka anda sudah dapat menikamti layanan hotspot dengan teman, tetangga atau keluarga.

Sebagai contoh disini kami mengambil aplikasi bernama “Virtual WiFi Router“. Aplikasi ini sifatnya adalah opensource atau gratis yang bisa anda dapat di virtualwifirouter.com.

Langsung saja, download aplikasi tersebut lalu install. Namun sebelum anda melakukan instalasi perlu anda perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

1. Pastikan komputer/laptop anda memilik yang namanya .Net Framework. Jika anda belu memiliki maka lakukan pengaktifan terlebih dahulu seperti pada gambar dibawah ini:

Buka Control Panel Anda -> Lalu Pilih Program and Features

Proses Pengaktifan Net Framework

Setelah itu Silakan anda centang opsi Pada Microsoft .Net Framework 3.5.1 (Centang 2 opsi opsi dibawahnya juga seperti terlihat pada gambar)

Proses Pengaktifan Net Framework 2

2. Setelah langkah diatas selesai maka langkah kedua adalah membuka aplikasi “Virtual WiFi Router” yang sudah anda download tadi.

Virtual WiFi Router

3. Cukup Klik sekali pada icon R berwarna merah di sistray tersebut. lalu akan muncul tampilan aplikasi Virtual Wifi Router seperti ini:

Virtual WiFi Router 2

4. Disana terlihat ada box bertuliskan Share Net From. Itu adalah opsi network mana yang ingin kita share via hostspot / wifi yang akan kita buat. Misalnya kita ingin melakukan internet connection sharing dari LAN, atau contoh gambar di atas share from connection Mobile Broadband Modem. Setelah itu kita bsia mengkonfigurasi nya untuk memberikan SSID dan juga password untuk keamanannya. Silakan klik configure dan akan muncul seperti ini:

Virtual WiFi Router 3

Wifi Name merupakan SSID yang akan terdeteksi oleh orang lain,silakan anda rubah terserah kemauan anda. Password adalah password yang harus dimasukkan ketika ada orang yang ingin connect ke jaringan hostspot anda. Setelah selesaiklik Setup Hotspot.

5. Setelah selesai mengkonfigurasi SSID dan juga passwordnya anda bisa langsung Start untuk membuat jaringan hotspot anda, dan melakukan Internet Connection Sharing.

Virtual WiFi Router 4

Demikian cara sederhana untuk membuat hotspot gratis dengan menggunakan aplikasi “Virtual WiFi Router”. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Panduan Membuat Hotspot dengan Virtual WiFi Router | Admin | 4.5