Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian Nasional

Thursday, April 18th, 2013 - Pendidikan

Cara Belajar Efektif

Ujian Nasional adalah salah satu syarat utama kelulusan bagi siswa-siswi di bangku sekolahan. Untuk itu harap memerhatikan dal itu, selain menetukan kelulusan ujian nasioan 2013 ini juga menjadi tolak ukur bagi pada siswa-siswi yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti universitas. Banyak orang tua pada siswa yang benar-benar memperhatikan anaknya namun tidak jarang juga orang tua justru membiarkan anaknya berjuang sendiri tanpa pengawasan.

Namun bagi anda yang akan menghadapi ujian nasioan (UN) diharapkan untuk dapat belajar dengan baik dan benar. Metode pembelajarn yang benar bukan dengan cara menghafalkan atau menghabiskan waktu semalaman. Hal itu justru akan menjadi senjata makan tuan dimana saat waktunya tiba anda justru lelah dan tak bisa mengerjakan soal-soal yang ada pada ujian nasional.

Cara belaja yang efektif dan efisien adalah solusinya. Namun bagi anda yang belum mengetahui bagaimanan cara belajar yang efektif dan efisien, berikut akan saya berikan panduannya.

Berikut adalah cara belajar efektif untuk menghadapi ujian nasional:

1. Belajar Kelompok

Masih ingat dikepala saya ketika masih duduk di bangku sekolahan, dimana saya dengan teman-teman saya selalu membuat kelompok belajar di setiap tingkatnya. Disana saya banyak sekali mendapatkan keuntungan selain dapat saling berbagi mengenai permasalahan pelajaran sekolah, saya juga dapat bercanda tawa dengan teman-teman belajar saya. Nah cara ini saya perhatikan ternyata sangat efektif untuk dilakukan, karena selain memotivasi ketika anda tidak punya semangat belajar, anda juga dapat memecahkan beberapa soal yang mungkin bagi anda sulit atau tidak bisa dikerjakan sama sekali.

2. Buat Rangkuman/Kesimpulan

Dengan membuat rangkuman atau kesimpulan atau juga bisa dikatakan intisari merupakan cara efektif dan efisien untuk menghadapi ujian nasional. Selain memudahkan anda untuk mempelajari pelajar di sekolah anda juga dapat meminimalisirkan waktu belajar anda. Dimana pelajaran yang diberikan oleh guru anda melalui buku-buku pelajar tidak mungkin untuk ketahui semuanya, buatlah catatan sendiri seringkas-ringkasnya namun tetap mencakup seluruh inti dari pelajarn itu.

3. Disiplin

Hal kedisiplianan memang sulit untuk kita lakukan, khususnya bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah. Memang sepertinya dimana umur anda yang masih belasan tahun banya memang ditakdirkan untuk dapat sebanyak mungkin untuk mencari pengalaman baru. Namun anda juga harus sadar bahwa belajar adalah cara satu-satunya untuk meraih impian anda. Jika anda menyadari hal itu maka anda harus disiplin dalam melakukan apapun. Untuk menghadapi ujian nasional tentunya anda harus disiplin waktu dan disipiln dalam berkonsentrasi pada setiap pelajaran yang diberikan para guru anda.

4. Aktif Bertanya dan Ditanya

selain disiplin dalam segala hal, anda juga harus aktif bertanya dan ditanya. Dengan itu anda akan terlatih dan terbiasa dan semakin mudah untuk mengingat pelajarn yang diberikan pada guru anda. Jika anda sering bertanya maka anda akan ingat dengan jawabannya, dan jika anda bertanya janganlah terlalu berlebihan dan seakan-akan hanya menguji orang yang anda tanyai.

5. Istirahat yang Cukup

Sekeras apapun anda belajar, tentunya anda juga harus tetap meluangkan waktu untuk istirahat. Istirahat yang cukup dapat memulihkan daya ingat anda setelah sekian lama lelah dalam mempelajari pelajaran yang menjadi bahan ujian nasional

Nah, demikianlah cara belajar efektif dan efisien dalam menghadapi ujian nasional (UN). Selamat mencoba dan semoga anda suskses dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan!

Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian Nasional | Admin | 4.5