Tips Membersihkan Radiator Pada Kendaraan Anda

Friday, April 5th, 2013 - Otomotif

Membersihkan Radiator Kendaraan

Radiator adalah salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan bermotor, namun tidak hanya pada kendaraan bermotor saja. Komponen tersebut biasanya juga terdapat pada mesin-mesin yang memiliki tenaga besar seperti traktor, mesin penggilingan dan sebagainya.

Fungsi utama dari komponen radiator adalah sebagai sistem pendinginan pada sebuah mesin berbahan bakar minyak. Bahkan dalam perkembangannya radiator juga terdapat pada mesin-mesin yang berbahan listrik (electric engine).

Jika anda memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat tentunya anda juga harus mengetahui apa itu yang dinamakan radiator. Bentuk dan jenis radiator saat ini sudah berbagai macam designnya, namun yang paling sering adalah berbentuk seoerti lapisan-lapisan alumunium . Dan jenisnya yang sering ada pada kendaraan bermotor adalah jenis pendingin cair, dalam hal ini komponen tersebut selain dilengkapi dengan sistem sirkulasi pendingin juga terdapat cairan yang berfungsi sebagai pendingin tambahan saat mesin kendaraan anda bekerja.

Lalu apa akibatnya jika radiator anda rusak/tidak bekerja?

Biasanya radiator yang tidak bekerja secara optimal alias rusak, maka mesin kendaraan anda akan berhenti bekerja alias mogok. Sebab ada sistem yang mematikan mesin secara otomatis ketika suhu mesin diatas normal (overheating). Bahkan lebih fatalnya lagi jika anda memaksakan mesin bekerja dengan kondisi radiator rusak, maka bisa dimungkin akan muncul asap seperti kebakaran.

Lalu bagaimana cara menghindari agar radiator tidak cepat rusak?

Untuk menghindari akibat-akibat buruk pada mesin anda, tentunya anda harus memperhatikan tentang perawatan radiator yang benar. Langkah paling mudahnya adalah anda dapat membacanya pada buku petunjuk service kendaraan anda. Dimana disaat tertera mengenai waktu yang tepat untuk merawat radiator serta tahap-tahap apa yang harus anda lakukan untuk merawat sistem pendinginan pada kendaraan bermotor anda tersebut.

Salah satu perawatan radiator yang paling mudah untuk anda lakukan adalah mengganti radiator serta membersihkannya. Untuk mengganti air radiator memang tidaklah terlalu sulit, apalagi saat ini telah banyak yang menjual cairan pendingin radiator di bengkel-bekel kendaraan bermotor. Bahkan jika anda tidak bisa menggantikannya beberapa bengkel juga menawarkan untuk menggantinya di bengkel tersebut dengan tarif gratis alias tidak dipungut biaya.

Cara lain adalah membersihkan radiator, dengan cara tersebut maka sistem pendinginan pada radiator anda tetap berjalan normal dan optimal sehingga mesin anda terhindar dari kerusakan. Caranya adalah anda bisa pergi ke bengkel untuk meminta service radiator, namun tetnunya itu membutuhkan biaya. Nah kali ini anda harus mengerti bagaimana cara membersikan radiator dengan baik.

Berikut adalah tips membersihkan radiator kendaraan anda:

1. Sediakan kunci pas atau kunci ring ukuran 10,12,14 serta obeng + dan -. Selain itu jangan lupa kain lap dan cairan pembersih lantai.

2. Ikat selang air pembuangan dengan karet gelang, kemudian lepas radiator anda dengan kunci diatas. Setelah itu bersihkan atau keluarkan air pada bagian bawah, lalu tuang cairan pembersih ke liang radiator secara perlahan. Diamkalah sejenak untuk merontokan kontoran yang menyumbat pada radiator anda.

3. Selanjutnya anda bisa menggosok sirip atau kisi-kisi radiator tersebut. Pastikan kotoran pada radiator tersebut bersih dan tidak menempel lagi. Kemudian anda bisa membilasnya dengan air bersih, sampai benar-benar bersih dari kotoran.

4. Diamkan sejenak smampai radiator anda benar-benar kering. Lihatlah apakah ada sirip yang bengkok-bengkok, jika iya luruskan dengan kawat besi dan kembalikan pada posisi semula.

Sebagai tambahan anda bisa membersihkan radiator secara berkala atau minimal dua minggu sekali jika kendaraan anda aktif digunakan setiap hari.

Demikianlah tips membersihkan radiator kendaraan anda agar tetap awet dan menghindari kerusakan mesin, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tips Membersihkan Radiator Pada Kendaraan Anda | Admin | 4.5