Tips Latihan Menyetir Mobil dengan Mudah dan Aman

Wednesday, April 10th, 2013 - Otomotif

Latihan Menyetir Mobil

Menyetir mobil dengan baik dan benar adalah salah satu kunci utama dalam menjaga keamanan serta keselamatan anda dan penumpang. Setiap orang memiliki gaya menyetir sendiri-sendiri, ada yang suka dengan kecepatan yaitu dengan membawa mobil dengan kecepatan tinggi ada juga yang suka dengan menyetir pelan-pelan asal sampai ditempat tujuan dengan selamat.

Tidak setiap orang mampu menyetir dengan baik dan benar untuk itu perlu adanya latihan yang rutin, baik dan benar. Di Indonesia sendiri masih tingi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh human error (keselahan pengemudi), hal itu tentunya minimnya pengetahuan mereka soal menyetir/mengemudi mobil. Untuk itu bagi pemula sangat disarankan untuk memiliki bekal tentang menyetir yang baik dan benar.

Berikut adalah tips latihan menyetir mobil dengan mudah dan aman bagi pemula:

1. Siapkan Mental dan Psikologis

Tahap persiapan pertama kali ketika anda berkeinginan untuk latihan mobil adalah mental dan psikologis anda. Pastikan anda tidak mudah kaget ketika anda pertama kali menginjak pedal gas, kemudian yakinkan kepercayaan diri anda bahwa anda bisa menyetir.

2. Memilih Instruktur yang Tepat

Untuk pemula alangkah baiknya anda tetap memelurkan pendamping/instruktur yang tepat saat latihan menyetir mobil pertama kali. Meskipun anda memiliki anggota keluarga atau teman yang telah lama bisa menyetir, alangkah baiknya anda memilih orang lain yang tentunya memiliki sertifikat dalam hal menyetir mobil.

3. Pelajari Fitur Setiap Komponen Mobil

Setelah anda yakin dengan mental dan psikologis anda serta memiliki pendamping/instruktur yang tepat, langkah selanjutnya anda harus mempelajari setiap fitur komponen mobil khususnya yang berhubungan dengan mengemudi/menyetir mobil, seperti pedal gas, rem, pedal kopling, rem tangan, perseneleng, stir, pengendali spion kaca, lampu klakson, stang wiper serta semua panel yang ada pada dashboard anda.

4. Memilih Lokasi Latihan Menyetir

Setelah anda mengetahui seluruh fungsi/fitur komponen dalam mobil, selanjutnya tentukan lokasi yang tepat untuk latihan menyetir mobil. Pilihlah lokasi yang tepat dan pastikan luas dan tidak memiliki banyak rintangan seperti lapangan sepakbola atau jalanan yang sepi seperti di pedesaan.

5. Belajar Menyeimbangkan Gas dan Kopling

Seperti pada latihan mengendarai motor yang memiliki kopling, pada tahap awal latihan menyetir mobil anda juga harus belajar menyeimbangkan gas dan kopling. Cara tersebut perlu anda lakukan agar anda mengetahui karakter mobil yang anda gunakan sebagai latihan.

6. Belajar Memposisikan Mobil

Tahap selanjutnya anda perlu melatih insting anda untuk mengetahui ukuran mobil sehingga mampu memposisikan mobil dengan tepat. Pada tahap ini perlu anda lakukan pertama kali pada lokasi jalanan, sehingga anda dapat mengetahui posisi mobil ketika berada di jalanan.

7. Mempelajari Rambu-rambu lalu-lintas

Tahap terakhir ketika anda telah melatih enam tips diatas adalah mempelajari rambu-rambu lalu-lintas. Selain untuk menjaga keselamatan bagi anda maupun pengendara lainnya, langkah ini untuk menghindari anda terkena sanksi oleh polisi lalu lintas.

Sebagai saran, untuk dapat mahir dalam menyetir mobil anda pelu melatihnya tidak cukup sekali atau dua kali saja. Lakukan latihan menyetir mobil secara rutin agar anda cepat mahir dalam menyetir mobil dengan aman.

Demikianlah tips latihan menyetir mobil dengan mudah dan aman, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tips Latihan Menyetir Mobil dengan Mudah dan Aman | Admin | 4.5