Cara Mengurangi Makan dengan Baik dan Benar

Tuesday, April 23rd, 2013 - Lifestyle

Mengurangi Porsi MakanMengurangi porsi makan adalah salah satu cara yang baik untuk mengurangi berat badan atau diet. Tentunya anda juga tidak boleh asal-asalan ketika mengurangi makan, karena jika anda terlalu memaksakan alhasil berat badan anda tidak hanya turun tetapi juga akan mengganggu kesehatan anda. Banyak orang melakukan hal ini untuk mendapatkan tubuh seksi khususnya buat para wanita.

Menahan lapar sangat baik jika anda tahu bagaimana cara yang baik dan benar. Beberapa wanita yang berhasil menjalankan program diet, bukan berarti ia berhasil menahan lapar dengan gila-gilaan. Beberapa survei membuktikan bahwa seseorang yang berhasil menjalankan program dietnya, ia mampu mengatur porsi makan mereka serta dapat menahan lapar dengan cara yang baik dan benar.

Berikut adalah cara mengurangi makan dengan baik dan benar:

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Sangat disarankan bagi anda yang ingin mengurangi makan, sebaiknya minum 2 gelas air mineral 10 menit sebelumnya. Dengan hal itu anda akan merasa sudah kenyang ketika akan makan, sehingga ketika anda makan akan mengurangi jumlah/porsi makan anda.

2. Biasakan Istirahat Siang Sebentar

Ketika siang hari biasanya orang cenderung memiliki nafsu makan yang tinggi apalagi yang namanya ngemil atau makan-makanan ringan. Untuk mencegah hal itu alangkah baiknya anda untuk menyisihkan waktu barangkali 5-10 menit untuk istirahat/tidur sejenak. Hal itu akan mengurangi nafsu ngemil anda ketika siang hari tiba.

3. Perbanyak Sayur dan Buah-buahan

Makanan yang enak dan mengundang selera makan biasanya jenis makanan yang manis-manis dan berlemak. Padahal makanan jenis itu justru akan membuat berat badan anda naik dan keenderungan akan berakibat naiknya kolesterol dalam tubuh. Alangkah baiknya anda sebelum makan untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air, sehingga ketika anda akan makan maka anda sudah merasa kenyang.

4. Biasakan Sarapan Pagi

Jangan mengira ketika orang yang biasa sarapan pagi itu tidak baik, sarapan pagi justru sangat baik bagi anda yang ingin melakukan program diet atau menurunkan berat badan. Menu sarapan pagi yang baik adalah menu yang memiliki kandungan protein tinggi untuk mengawali aktivitas anda. Hal itu akan mengurangi jumlah prosi makan anda ketika siang hari tiba.

5. Makan dengan Perlahan

Ketika anda makan, biasakan untuk mengunyah makanan setidaknya 32 kali. Hal itu akan membuat anda tidak cepat lapar, karena makanan yang dikunyah dengan sempurna akan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh anda, sehingga anda tidak cepat lapar.

6. Sibukan Diri Anda

Terkadang dengan banyaknya aktivitas, seseorang terkadang lupa untuk makan. Nah dengan cara menyibukan diri anda dapat mengontrol jumlah makan anda serta intensitas makan anda.

Demikianlah cara mengurangi makan dengan baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Mengurangi Makan dengan Baik dan Benar | Admin | 4.5