Cara Mudah Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak

Friday, March 22nd, 2013 - Kuliner

Tingkat Kematangan SteakMeskipun daging Sapi saat ini harganya melambung tinggi, namun hal itu tidak juga menyurutkan minat masyarakat untuk tetap mengkonsumsinya. Ada banyak alasan, kenapa masyarakat tetap memilih daging sapi sebagai menu makanan mereka. Salah satunya karena rasa serta protein yang didapat dari daging Sapi belum bisa tergantikan.

Salah satu olahan daging sapi yang menjadi menu favorit adalah olahan steak. Daging steak saat ini banyak di jual oleh beberapa warung makan, mulai dari yang kecil hingga restaurant frenchise. Beberapa bagian daging sapi yang menjadi menu favorit steak adalah Tenderion, Sirlion dan Wagyu. Bagian tersebut sangat digemari karena sangat cocok dibuat steak dengan olahan sederhana sekalipun.

Jika anda gemar mengokomsi daging steak mungkin anda juga pernah mendengar istilah tingkat kematangan steak seperti Raw, Rare, Medium Rare, Medium dan Welldone. Apakah itu, dan bagaimana membedakannya?

Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan telapak tangan serta telunjuk jari anda. Hmmm, penasaran? berikut adalah caranya:

1. Raw

Daging Steak Raw

Seperti gambar diatas, buka telapak tangan kiri anda, lalu tekan dengan jari telunjuk tangan kanan anda. Itulah tingkat keempukan daging sapi masih mentah raw.

2. Rare

Daging Steak Rare

Menghubungkan jari telunjuk dan ibu jari tangan kiri anda sehingga membentuk lingkaran seperti gambar diatas. Kemudian tekan dengan jari telunjuk tangan kanan anda. Bandingkan dengan daging steak bagian tengah, jika memiliki tingkat keempukan yang sama, maka itulah yang dinamakan tingkat kematangan daging steak rare atau mentah.

3. Medium Rare

Daging Steak Medium Rare

Cara berikutnya adalah dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari seperti gambar diatas. Tekstur ini merupakan ciri steak yang telah mencapai tingkat kematangan mentah-sedang (medium rare).

4. Medium

Daging Steak Medium

Tingkat kematangan medium ini adalah tekstur yang sangat digemari oleh banyak orang karena daging sudah bisa dikatan matang-sedang, sehingga masih empuk untuk dikonsumsi. Cara mengetahuinya dengan membentuk lingkaran dengan jari manis dan ibu jari anda seperti gambar diatas.

5. Welldone

Daging Steak Welldone

Ciri daging steak dikatakan welldone adalah memiliki tingkat kekerasan seperti pada saat kelingking anda dihubungkan dengan ibu jari anda seperti gambar diatas.

Demikianlah ciri-ciri tingkat kematangan daging steak, semoga bermanfaat dan bisa anda coba saat anda memasak atau membeli daging steak.

Cara Mudah Mengenal Tingkat Kematangan Daging Steak | Admin | 4.5