Tips Pertolongan Pertama Terkena Gigitan Hewan Rabies

Saturday, April 13th, 2013 - Kesehatan

Hewan RabiesRabies adalah penyakit hewan yang bersifat menular dan termasuk dalam golongan B yang terdaftar pada buku International Animal Health Code. Bahkan penyakit ini telah dimasukan dalam 15 besar penyakit mematikan didunia oleh WHO (Badan organisasi dunia PBB yang menangani masalah kesehatan). Penyakit Rabies sebenarnya diakibatkan oleh virus bernama rabies yang menyerang pada hewan seperti Anjing, Kucing, Kera dan Monyet.

Namun dalam perkembangannya virus rabies dapat menular ke manusia, sehingga menjadi penyakit yang tergolong mematikan dan harus benar-benar dicegah. Biasanya penyakit rabies sering tertular ke manusia melalui gigitan hewan Anjing, karena banyaknya manusia memelihara hewan peliharaan jenis ini. Luka yang diakibatkan oleh gigitan hewan terkena rabies jika tidak ditangani secara serius maka akibatnya adalah fatal, gejala pertama orang yang terkena penyakit rabies adalah gila phobia terhadap apaun, bahkan lebih fatalnya lagi jika tidak ditangani dengan serius dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengatahui hewan tersebut terkena penyakit rabies tentunya anda harus banyak membaca referensi yang bisa anda cari di internet, karena ada banyak jenis hewan yang dimungkinkan dapat menularkan penyakit rabies ke manusia. Ciri umum Anjing yang terkena rabies biasanya sering mengeluarkan air liur.

Untuk itu alangkah baiknya kita mengetahui beberapa tips untuk mencegah agar kita tidak terkena rabies, berikut adalah tips pertolongan pertama mencegah penyakit rabies:

1. Pertolongan Saat Terkena Gigitan

Ketika anda terkena gigitan hewan rabies langkah pertama yang harus anda lakukan adalah segeralah untuk mencuci dengan sabun anti kuman selama 5 sampai 10 menit dan keringkan. Setelah itu gunakan alkohol 70% untuk membilas pada luka gigitan sehingga kuman-kuman disekitar luka mati.

2. Pergi ke Dokter

Jika anda masih kurang yakin dengan cara diatas anda dapat pergi ke dokter untuk mendapatkan suntikan seperti Vaksin Anti Rabies, Serum Anti Rabies (SAR), Anti Tetanus Serum (ATS).

3. Laporkan Hewan Kepada Petugas

Jika anda telah menangani luka gigitan anda, segeralah untuk melaporkan hewan yang telah menggigit anda tersebut kepaa petugas kesehatan setempat, agar segera di obseravasi apakah hewan tersebut benar-benar terjangkit penyakit rabies.

4. Pemberian Vaksinasi pada Hewan Peliharaan

Jika anda memiliki hewan peliharaan seperti Anjing dan Kucing pastikan anda selalu memeriksakan kesehatannya, anda dapat memberikan vaksinasi anti rabies pada hewan peliharaan anda dengan tujuan agar seluruh anggota keluarga anda benar-benar aman dari kemungkinan tertularnya penyakit rabies.

Keempat cara diatas bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika anda terkena gigitan hewan rabies, adapun beberapa tips lain yang disarankan oleh WHO yaitu:

  • Pencucian dilakukan seperti cara di atas.
  • Serum Anti Rabies disemprotkan ke dalam luka
  • Jangan segera menjahit luka gigitan sebaiknya lakukan infiltrasi serum pada sekitar luka bagian luar.
  • Setelah itu berikan Anti Tetanus Serum apabila terdapat indikasi dan antibiotika. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder pada luka kareka kuman.

Demikianlah tips mencegar tertularnya penyakit rabies dari gigitan hewan. Semoga bermanfaat!

Tips Pertolongan Pertama Terkena Gigitan Hewan Rabies | Admin | 4.5