8 Jenis Roti Tawar Terbaik di Dunia

Monday, April 8th, 2013 - Kesehatan

Jenis Roti Tawar di Dunia

Jika sebelumnya kita mengenal 5 jenis varian kopi espresso, tentunya sangat cocok jika kita nikmati bersama roti tawar. Berikut ini akan kita bahas mengenal berbagai jenis roti tawar terbaik didunia. Sebenarnya bisa dikatakan terbaik karena telah roti tersebut sudah menjadi konsumsi setiap hari pada masyarakat.

Sebenarnya roti tawar hanya terbagi 2 jenis yaitu white bread (roti putih dari tepung terigu) dan whole wheat bread (roti dari gandum). Namun dengan kemajuan teknologi, pengolahan roti tawar kini semakin berkembang dan memiliki banyak jenis varian.

Berikut ini adalah 8 jenis roti tawar terbaik didunuia:

1. White Bread

Roti tawar jenis white bread merupakan roti yang terbuat dari adonan tepung terigu yang berbentuk oval dan berwarna putih. Dalam penyajiannya roti jenis ini dipotong tipis-tipis sehingga membentuk lembaran-lembaran roti. Kandungan dalam roti white bread juga baik untuk kesehatan karena didalamnya terdapat banyak serat, viatamin B dan zat besi. Dalam penyajiannya roti jenis ini sering disandingkan dengan mentega, coklat atau selai buah.

2. Whole Wheat Bread

Roti whole wheat bread sama pembuatannya dengan white bread hanya saja bahan utama pembuatannya adalah gandum. Roti jenis ini memiliki warna coklat dan tekstur sedikit kasar. Roti jenis ini banyak dikonsumsi oleh orang Australia dan Amerika.

3. Ciabatta Bread

Roti jenis Ciabatta Bread dibuat dari tepung gandum dan ragi. Ciabatta bread memiliki ciri khas tekstur luar yang keras namun bagian dalam yang lembut. Dalam penyajiannya roti jenis ini lebih banyak disajikan dengan aneka toping. Ciabatta Bread banyak dikonsumsi oleh masyarakat dataran eropa.

4. Focaccia Bread

Focaccia bread merupakan varian roti yang banyak digunakan sebagai bahan utama sandwich, namun dalam pembuataanya adonan telah dicampuri dengan tambahan bumbu bawang, daging, sayuran, keju, garam dan minyak zaitun yang kemudia diproses dengan cara dipanggang.

5. Baguette / French Bread

Baguette juga sering kali dikenal sebagai roti tongkat karena bentuknya yang bulat panjang sekitar 5-7cm. Roti ini biasanya divariasi menjadi garlic bread dan bruschetta dan dimakan bersama sup atau pizza. Dalam perkembangannya roti jenis ini telah memiliki berbagai varian berdasarkan bahan yang dikombinasikannya.

6. Plan au Levain

Roti jenis ini juga hampir sama dengan Baguette yang berasal dari Perancis namun memiliki tekstur keras dan padat. Dalam penyajiannya sering kali disandingkan dengan sup atau bisa juga dengan mentega.

7. Pita Bread

Roti jenis pita bread banyak ditemukan di Timur Tengah karena sudah menjadi makanan konsumsi sehari-hari orang Arab dan sekitarnya. Ciri khas dari roti ini adalah bulat dan pipih, yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi dengan tekstur yang kenyal dan lembut.

8. Bagel

Baget merupakn varian jenis roti tawar yang dibuat secara tradisional oleh masyarakan Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Ciri khasi roti ini adalah bulat dengan lubang ditengahnya seperti donat. Dalam pembuataanya roti Bagel dikombinasikan dengan bawang bombay, bawang putih, telur, gandum hitam, garam dan berbagai rempak dan sayuran lainnya.

Demikianlah 8 jenis roti tawar paling terbaik didunia. Semoga bermanfaat!

8 Jenis Roti Tawar Terbaik di Dunia | Admin | 4.5